Kamis, 05 Januari 2012

Mengatasi kulit akibat matahari..

BERJEMUR terlalu lama di bawah terik matahari tanpa menggunakan tabir surya bisa membuat kulit terbakar dan terkelupas. Selain perih, kulit terkelupas juga terlihat tidak menarik bahkan dapat menyebabkan infeksi.
Nah, berikut ini adalah sejumlah cara untuk merawat kulit yang terkelupas akibat terbakar sinar matahari:
Mendinginkan
Jika kulit mulai mengelupas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mandi atau berendam menggunakan air dingin. Air dingin akan membantu mendinginkan kulit dan memperlambat proses pengelupasan. Ketika mengeringkan kulit, tepuk-tepuk pelan kulit menggunakan handuk bersih dan lembut. Jangan menggosoknya dengan handuk, karena dapat mempercepat dan menyebarkan pengelupasan kulit.
Melembapkan
Begitu Anda keluar dari kamar mandi dan kulit dalam keadaan kering, gunakan lotion pelembab. Cari pelembab khusus untuk kulit terbakar sinar matahari atau mengelupas. Umumnya, lotion harus mengandung lidah buaya, yang berfungsi mendinginkan kulit, mengurangi peradangan dan memperlambat pengelupasan. Lidah buaya adalah ekstrak kaktus alami yang telah lama dipuji karena sifatnya yang menenangkan. Jika mau, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya asli dan mengaplikasikannya langsung ke kulit yang terkelupas untuk membantu penyembuhan, melawan rasa sakit dan menghindari infeksi.
Minum
Setelah mendinginkan kulit dari luar, sudah waktunya mengobati kulit dari dalam dengan meminum banyak air putih. Kulit yang sehat perlu terus terhidrasi. Ketika kulit rusak seperti terbakar sinar matahari, mengonsumsi air menjadi lebih penting lagi. Minum banyak air untuk memberikan kulit Anda semua energi yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan menghidupkan kembali kulit itu sendiri. Jika kulit mulai mengelupas, pastikan untuk minum 8-10 gelas air per hari.
Jangan digaruk
Jangan menggaruk kulit yang mengelupas karena dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit dalam bentuk bekas luka. Jika Anda tergoda untuk menggaruk kulit yang terasa gatal, atasi segera dengan menempelkan es batu ke atas kulit. Bungkus es dengan sepotong kain lembut dan tempatkan kain itu di atas daerah kulit yang gatal. Rasa gatal akan mereda setelah es mulai mendinginkan kulit.
Jangan dikelupas
Kulit terkelupas dapat terjangkiti infeksi jika Anda menggores atau sengaja mengelupasnya. Jika ada bagian kulit mati yang menggantung dan Anda ingin menghilangkannya, jangan tarik bagian itu. Leboh baik, gunakan gunting kecil dan berhati-hatilan ketika memotong bagian kulit mati itu. Pastikan Anda hanya memotong kulit mati dan tidak merobek kulit yang sedang dalam proses penyembuhan. Setelah memotong kulit mati, oleskan salep antibakteri ke area tersebut.

Agar tidak mengalami kulit terbakar matahari di kemudian hari, pastikan selalu memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Jika Anda berencana berenang, pastikan mengaplikasikan ulang tabir surya setiap kali Anda keluar dari air. Saat mengaplikasikan tabir surya, jangan lupakan daerah-daerah tersembunyi seperti di belakang telinga. (*/OL-08)
Tips Merawat Kulit Wajah Dengan Buah

Buah-buahan selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh kita, ternyata buah mempunyai kelebihan yang sangat bermanfaat. Buah- buhan ternyata juga bisa membuat wajah kita menjadi cantik secara alami. Berikut beberapa buah yang dapat mempercantik wajah anda.
Buah Apel
Buah apel ini cocok di gunakan untuk wajah anda yang berminyak. Caranya ambil 1 buah apel, kemudian potong-potong dan masukan ke dalam blender. Blender apel sampai halus tanpa menggunakan air. Setelah di blender balurkan secara merata pada wajah anda. sebelum membalurkan sebaiknya bersihkan dahulu wajah anda. setelah di balur diamkan selama 20 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air hangat dan air dingin untuk meringkaskan pori-pori. Lakukanlah seminggu sekali.
Kulit Jeruk
Selain buahnya yang enak di makan, ternyata kulit jeruk bisa bermanfaat untuk wajah anda. Terutama untuk wajah anda yang kusam. Caranya tusuk-tusuk kulit jeruk denga garpu, kemudian masukan kulit jeruk ke dalam air hangat dan rendam selama satu malam. Basuhkan pada wajah yang telah di bersihkan kemudian keringkan dengan handuk. Berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati.
Buah Pepaya
Pepaya bisa bermanfaat untuk meremajakan kulit anda, haluskan pepaya yang ranum kemudian campurkan 1 sendok madu. Oleskan pada wajah anda dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Pepaya ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah kerut di wajah. Jika ingin hasil yang maksimal gunakan seminggu sekali.
Buah Melon
Melon dapat mendinginkan kulit anda yang terbakar matahari. Iris tipis melon lalu kompreskan selama 20 menit pada wajah anda yang telah di bersihkan, lalu bilas. Buah melon ini mengandung zat astrigent yang bermanfaat sebagi tonik dan mampu mendinginkan wajah yang terbakar karena matahari.

Dengan buah-buahan ini semoga bisa bermanfaat dan menjadikan wajah anda segar dan cantik alami tanpa menggunakan obat kecantikan.
Label: wajah, buat, kulit


0 komentar:

Poskan Komentar